oleh

Ini Cara Bikin Animasi GIF dari Video YouTube



EZB


KANALSATU.info – Berbagi konten animasi GIF menjadi salah satu keseruan dalam berinteraksi di internet. Umumnya, netizen mengandalkan layanan pengepul semacam Giphy dan Tenor untuk mencari dan mengoleksi GIF.

Namun, ada kalanya tema GIF tertentu tak tersedia di layanan pengepul. Anda sebenarnya bisa membuat GIF sendiri dari cuplikan video di YouTube.

banner 300250

Caranya mudah, pertama-tama buka YouTube dari peramban di desktop. Selanjutnya, cari video yang cuplikannya hendak dijadikan GIF.

Salin URL video tersebut, lantas buka situs gifs.com dan masukkan URL video ke kolom yang tersedia. Tunggu beberapa saat hingga video terpampang di gifs.com.

Selanjutnya, Anda bisa memilih cuplikan mana dari video yang bakal dijadikan GIF. Ada pula pilihan untuk menambah stiker dan efek lainnya jika diinginkan.

 

Antarmuka situs gifs.com (gifs.com)

 

 

Tekan ikon centang berwarna hijau di sisi kiri bawah antarmuka situs untuk melihat seperti apa hasil akhir GIF.

Jika sesuai kehendak hati, tekan tombol “Create GIF” di sisi kanan atas antarmuka situs. Anda bakal diminta mengisi judul GIF, lalu tekan “Next” untuk proses berikutnya,

Ada dua opsi yang lantas muncul. Pertama, beralih ke premium untuk menghilangkan watermark pada GIF. Harganya 8 dollar (Rp 11.000-an) per bulan, tetapi pengguna baru bisa gratis uji coba (free trial) selama sepekan.

Anda bisa pula memanfaatkan layanan secara gratis, dengan konsekuensi ada watermark pada GIF, sebagaimana percobaan KompasTekno, Rabu (6/3/2019).

Nah, hasil akhirnya bisa berbentuk tautan untuk dipasang pada situs (embed), tautan langsung (direct link), atau file untuk diunduh dengan menekan tombol “Download”.

Pilih ukuran file orisinil atau hasil kompresi, lalu Anda akan diminta mendaftar (sign up) terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa masuk (log in) dan proses pengunduhan pun berjalan.

 

Antarmuka situs gifrun.com (gifrun.com)

 

Selain gifs.com, ada situs lain yang menyediakan fungsi serupa yakni gifrun.com. Cara penjajalannya kurang lebih sama, yakni menyalin URL video YouTube ke situs tersebut, lalu memilih durasi cuplikan untuk dijadikan GIF, dan terakhir tinggal mengunduh.

 

 



Berita lain  Informasi dan Edukasi Standar Prosedur bagi para Pekerja seni Tato dan Tindik
close

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed