oleh

Siapa dan Apa Peran Julian Assange Pendiri WikiLeaks Sampai diburu Dunia



AR


KANALSATU.info – Pendiri Situs WikiLeaks Julian Assange ditangkap polisi Inggris dua hari lalu di London setelah pemerintah Ekuador mencabut suaka politiknya yang sudah diberikan selama tujuh tahun. Dalam tujuh tahun itu Assange tinggal di kedutaan Ekuador di London.

Peretas komputer kelahiran Australia itu kini menghadapi ancaman ekstradisi ke Amerika Serikat. Dia juga dinyatakan bersalah oleh pengadilan Inggris lantaran melanggar aturan jaminan pengadilan pada 2012.

banner 300250

 

Siapa Julian Assange?

Pria 47 tahun itu lahir di Townsville. pada 2006 dia mendirikan WikiLeaks , organisasi yang membocorkan informasi-informasi penting yang rahasia.

Dalam ajakannya ketika mencari orang yang mau bekerja dengannya dia menyebut ‘target utama mereka adalah rezim opresif di China, Rusia, Eurasia Tengah, dan memberi bantuan kepada siapa saja di negara Barat yang ingin mengungkap praktik ilegal atau amoral dari perusahaan atau pemerintah mereka.”

Dilansir dari laman the Syney Morning Herald, jumat 912/4), WikiLeaks pada akhirnya merilis banyak informasi rahasia, termasuk ratusan ribu berita kawat diplomatik yang membuat geram Amerika Serikat dan sejumlah negara lain.

WikiLeaks hingga kini sudah mengumumkan lebih dari 10 ribu dokumen dan analisa di situsnya. mengutip Assange, “WikiLeaks adalah perpustakaan raksasa untuk dokumen-dokumen paling berbahaya di dunia. Kami melindungi dokumen-dokumen itu, menganalisanya, mempromosikannya dan kami juga mencari lebih banyak lagi.”

Pendukung Assange menganggap pria kelahiran Australia itu adalah pahlawan yang menentang sensor dan kebebasan berpendapat. Sebagian kalangan mengatakan keamanan dirinya terancam karena dia mengungkap dokumen rahasia.

 

Mengapa dia ada di Kedutaan Ekuador di London?

Pada November 2011, pengadilan Inggris mengatakan Assange harus diekstradisi ke Swedia untuk ditanyai soal dugaan pemerkosaan yang dituduhkan dua bekas sukarelawan Wikileaks pada 2010.

Setelah permohonannya bandingnya ditolak pengadilan, Assange mencari suaka ke Kedutaan ekuador pada Juni 2012 untuk menghindari diekstradisi. Dia kemudian mendapat suaka politik dari Presiden Rafael Correa yang anti-Amerika.

Assange tetap berada di Kedutaan untuk menghindari dakwaan dari AS setelah Swedia membatalkan penyelidikan terhadap dirinya pada 2017.

 

Mengapa Ekuador berubah pikiran terhadap Assange?

Pada pemilu 2017, Correa diganti oleh Presiden Lenin Moreno yang lebih dekat dengan AS. Moreno kerap melancarkan kritik terhadap Assange dalam beberapa bulan terakhir dan menuduh dia melanggar kesepakatan suaka.

 

Apa saja yang sudah dibocorkan WikiLeaks?

Pada 2010 WikiLeaks merilis lebih dari 91 ribu dokumen, sebagian besar adalah laporan militer AS dalam perang di Afghanistan. Pada Oktober tahun itu WikiLeaks kembali merilis 400 ribu dokumen rahasia militer, termasuk Perang Irak sejak 2004 sampai 2009.

 

Dakwaan apa yang dihadapi Assange kalau diekstradisi ke AS?

Assange adalah orang paling diburu oleh AS dan sejak dia ditangkap kemarin, jaksa sudah mengumumkan akan mendakwa dirinya. Dia juga dituding bekerja sama dengan pengamat intelijen Chelsea Manning untuk mendapat akses ke komputer pemerintah.

Dakwaan lain yang masih melibatkan Assange adalah dia dituduh berkomplot dengan Manning untuk meretas kata sandi yang bisa memberi akses kepada jaringan komputer rahasia.

 

 



Berita lain  AS Akan Buka Penyelidikan Anti Dumping Impor Baja China, Kanada dan Meksiko
close

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed