by

Washington perbarui ancaman untuk berlakukan tarif atas semua produk impor negara Tiongkok



AR

KANALSATU.info – Tiongkok Senin (13/5), melalui Kementerian Luar Negeri mengatakan tidak akan pernah menyerah terhadap tekanan luar setelah Washington memperbarui ancamannya untuk memberlakukan tarif atas semua produk impor dari negara tersebut.

Perang dagang antardua ekonomi terbesar di dunia itu memanas pada Jumat, dengan AS menaikkan tarif senilai 200 miliar dolar AS atas produk impor Tiongkok.

Presiden Donald Trump menyebut Beijing melanggar kesepakatan lantaran mengingkari komitmen sebelumnya selama beberapa bulan perundingan. Trump memerintahkan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer untuk memulai pemberlakuan tarif atas semua produk impor Tiongkok yang tersisa, langkah yang dapat menambah sekitar 300 miliar dolar AS.

banner 300250

Beijing bersumpah akan menanggapi tarif terbaru AS, namun belum mengumumkan perinciannya.

“Mengenai perincian, silakan terus diperhatikan,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang saat konferensi pers.

“Tiongkok tidak akan pernah menyerah dengan tekanan eksternal. Kami percaya diri dan mampu melindungi hak-hak kami yang sah,” kata Geng, menanggapi pertanyaan soal ancaman Trump.

 

 

banner 300250

close