by

Sukabumi Berhasil Kembangkan Budidaya Bawang Putih



SMM

KANALSATU.info – Tingginya harga bawang putih sebetulnya bisa diantisipasi apabila di tiap daerah bisa mengembangkan budidaya bawang putih. Seperti di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil membudidayakan bawang putih.

“Terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi yang berhasil membudidayakan bawang putih. Seperti di Goalpara, Sukalarang, dan
Sukaraja,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Senin (13/5).

Keberhasilan budi daya bawang putih di wilayah Goalpara, Sukalarang, dan Sukaraja tak terlepas dari dukungan dinas dan importir yang sudah memberikan bantuan bibit dan teknologi tepat guna dalam pengembangannya. Karena itu, ketiga wilayah tersebut dijadikan percontohan pengembangan bawang putih.

banner 300250

“Ini tentu jadi potensi besar. Ke depan, bawang putih dari daerah kita (Kabupaten Sukabumi) harus bisa bersaing dengan negara lain,” ucapnya.

Kementerian Pertanian mendorong peningkatkan produksi bawang putih di Kabupaten Sukabumi. Hanya saja masalah lahan masih jadi kendala bagi para importir mengembangkan komoditas bawang putih.

Tidak semua tanaman bawang putih bisa tumbuh dengan baik. Menurut Sudrajat, bawang putih itu cocok ditanam di ketinggian 700 hingga 800 mdpl (meter diatas permukaan laut), struktur kegemburan tanah, dan stabilitas suhu minimal 10 derajat celcius.

“Misalnya siang 25 derajat celcius dan malam 15 derajat celcius. Harus diperhitungkan juga PH (potensial of hydrogen). Idealnya unsur PH tanah itu 6 hingga 7,” tambahnya.

Di beberapa wilayah utara Sukabumi cukup cocok sebagai ladang penanaman bawang putih.

banner 300250

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menambahkan, investasi bawang putih masuk ke Kabupaten Sukabumi sangat relevan dengan potensi sumber daya alam yang tersedia. Karena itu, sektor pertanian perlu dikembangkan secara optimal.

“Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pertanian sudah berupaya maksimal mengembangkan komoditas bawang putih. Terbukti saat ini hasilnya cukup memuaskan. Pengembangan ke depan, importir bawang putih bisa mencoba berinvestasi di Kecamatan Kabandungan dengan memanfaatkan di atas lahan seluas 10 hektare,” sebutnya.

 

 

close